1. 2.

29 April 2010

Pelaksanaan UAN Di Sulsel Sisakan Kesedihan Segelintir Siswa


Kasek SMAN 1 Pasimarannu, Zainal Abidin, S.Pd

SULSELBAR - Pelaksanaan ujian akhir nasional yang disusul dengan ujian akhir sekolah di Kecamatan Pasimarannu, Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulsel, menyisakan kesedihan terhadap enam dari delapan puluh delapan orang siswa SMAN 1 Pasimarannu peserta ujian akhir sekolah, karena mereka terpaksa harus mengikuti ujian susulan pasca kegagalannya dalam mengikuti pelaksanaan ujian akhir sekolah.

Hal tersebut dilontarkan Kasek SMAN 1 Pasimarannu, Zainal Abidin, S.Pd di sela-sela acara penamatan siswa SMAN 1 Benteng Selayar beberapa hari lalu. Ujian susulan ini sendiri kata Zainal dijadwalkan akan berlangsung dari tanggal, 10-15 Mei 2010 mendatang.

Bila dalam pelaksanaan ujian susulan mendatang, ke enam siswa bersangkutan tetap dinyatakan tidak lulus, maka satu-satunya jalan terakhir, untuk mereka bisa melanjutkan pendidikan ke bangku perguruan tinggi, siswa tersebut harus ikut ujian paket C.

Kondisi serupa menimpa sedikitnya 16 orang siswa SMA Negeri 1 Benteng Selayar yang juga dinyatakan terpaksa harus mengikuti ujian susulan lantaran tidak mampu mencapai standar nilai 5,50 dalam pelaksanaan ujian akhir sekolah beberapa waktu lalu.
Menurut Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Benteng, Drs. Tasman, “ke enam belas siswa ini adalah pengurangan dari angka 22 orang siswa yang pada tahun sebelumnya juga dinyatakan tidak lulus ujian akhir sekolah”.

Terkait dengan kegagalan 16 orang siswa tersebut, pria kelahiran Butta Panrita Lopi, Kabupaten Bulukumba itu mengakui “meski telah menyandang predikat sekolah menengah unggulan di daratan Kabupaten Kepulauan Selayar, namun tetap saja terdapat segelintir siswa yang dalam mengikuti PBM di sekolah masih terkesan menganggap enteng pelaksanaan ujian akhir”.

Kendati demikian, hal ini merupakan sebuah tantangan tersendiri bagi pihak dewan guru di sekolah bersangkutan, khususnya, dalam mengembangkan inovasi pembinaan siswa di lingkungan sekolah. Pada bagian lain Tasman menegaskan, “selama ini pihak dewan guru SMA Negeri 1 Benteng telah cukup berupaya maksimal untuk menekan tingginya angka ketidak lulusan siswa di sekolah yang tengah dipimpinnya itu. (fadly syarif)

[+/-] Selengkapnya...

28 April 2010

Kabupaten Kepulauan Selayar Menempati Rangking V Besar Kelulusan Siswa SLTA


Kepala Dinas Diknas Kep.selayar
KEPULAUAN SELAYAR, SUAR - Hari minggu (25/4) malam, menjadi saat-saat paling menegangkan bagi para siswa kelas tiga sekolah menengah atas di di daratan Kabupaten Kepulauan Selayar. Rasa khawatir pun berkecamuk di dalam hati para calon-calon mahasiswa baru asal Bumi Tanadoang tersebut.
Pasalnya, hari Senin (26/4) pagi, merupakan saat-saat penentuan lulus tidaknya, para siswa ini di dalam pelaksanaan ujian akhir nasional, maupun ujian akhir sekolah. Di mana, hal ini plus akan menentukan nasib pendidikan mereka selanjutnya.
Rasa khawatir para siswa ini kian menjadi-jadi, tatkala mereka mengetahui jumlah siswa SMA yang dinyatakan tidak lulus pada pelaksanaan ujian akhir nasional tahun 2010 ini mencapai 147 orang, sesuai penjelasan jajaran Dinas Pendidikan Nasional Kabupaten Kepulauan Selayar yang disampaikan langsung Kepala Dinas Pendidikan, Drs. Saharuddin, S.Pd.
Dikatakannya, angka 147 orang tersebut merupakan hasil penjumlahan total antara kelas III IPA dan III IPS yang perincian kelulusannya dijelaskan sebagai berikut : siswa tidak lulus untuk kelas III IPS, 123 orang, sedangkan, kelas III IPA mencapai 23 orang siswa.
Kendati demikian, Saharuddin membantah secara tegas tudingan yang menyatakan, “ketidak lulusan siswa SLTA di Kabupaten Kepulauan Selayar sempat menempati posisi reating cukup tinggi. Karena menurutnya, pada tahun ajaran ini, Kabupaten Kepulauan Selayar berada pada posisi lima besar dari 24 Kabupaten/Kota di Sulawesi-Selatan.
Pengumuman kelulusan untuk siswa sekolah lanjutan menengah pertama sendiri, kata Saharuddin akan disampaikan menyusul pada hari Selasa (27/4) pagi, setelah, rekap pengumuman dari Dinas Diknas provinsi Sulsel tiba di di Selayar pada hari Senin (26/4) malam.(fadly Syarif)

[+/-] Selengkapnya...

19 April 2010

Bupati Paparkan Kebijakan Pendidikan Di Konferensi DBE USAID - Kemendiknas

KARAWANG - Bupati Karawang, Drs. H. Dadang S. Muchtar kembali didaulat untuk menjadi narasumber dan memaparkan keberhasilan kebijakan pendidikan di Kabupaten Karawang. Kali ini Bupati Dadang S. Muchtar menjadi nara sumber dalam Konferensi Nasional Program Pendidikan : Decentralized Basic Education (Desentralisasi Pendidikan Dasar - DBE) 1 Peningkatan Mutu Manajemen dan Tata Layanan Pendidikan yang diselenggarakan oleh Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID) dan Kementerian Pendidikan Nasional, Rabu (7/4).

Masyarakat Kabupaten Karawang patut berbangga karena telah dijadikan salah satu narasumber dalam konferensi tersebut. Hal ini karena USAID memfasilitasi konferensi tersebut guna menampilkan kesuksesan reformasi pendidikan, praktik-praktik terbaik, serta dampak dari program-program dalam mempromosikan pendidikan dasar yang lebih baik. Selain itu, konferensi tersebut juga akan mempromosikan dialog antara USAID, pemerintah, serta mitra kerja lokal terkait berbagai rekomendasi dan kegiatan yang akan datang.

Dalam konferensi yang di selenggarakan di Auditorirum Gedung D Lt. II Kementerian Pendidikan Nasional tersebut, Bupati Dadang S. Muchtar menjelaskan bahwa sektor pendidikan merupakan permasalahan yang sangat kompleks yang dihadapi oleh Pemerintah baik di tingkat pusat maupun di daerah. Terlebih tidak banyak pemimpin, baik Bupati maupun Gubernur yang kenali betul inti permasalahan pendidikan.

Menurut Bupati, secara garis besar terdapat tiga isu strategis dalam dunia pendidikan saat ini, yaitu infrastruktur sekolah yang rusak, tidak memadai, dan kurang daya tampungnya; biaya pendidikan yang mahal; serta kualitas guru dan hasil didik yang terus merosot. Tiga permasalahan besar inilah yang harus menjadi eager dari Pemerintah, baik pusat maupun daerah untuk diselesaikan. “Di Karawang, ketiga permasalahan tersebut telah diselesaikan secara prioritas dan parallel,” jelasnya.

[+/-] Selengkapnya...

Asisten Administrasi Umum tutup Diklat Standar Akuntansi Pemerintah

BOGOR - Dengan berakhirnya Diklat Standar Akuntansi Pemerintah di lingkungan Pemerintah Kota Bogor diharapkan seluruh peserta bisa memulai untuk menerapkan atau memperaktekan pengetahuan tentang akuntansi pemerintahan yang telah dipelajari selama mengikuti Diklat ini berlangsung.

Hal itu dikatakan Asisten Administrasi Umum Setda Kota Bogor Arif M Budianto ketika menutup kegiatan Diklat Standar Akuntansi Pemerintah di lingkungan Pemerintah Kota Bogor di Puslitbang Gizi dan Makanan Jl. Dr. Semeru No.63.

Kata Arif, Diklat ini adalah tantangan kita bersama untuk terus merapikan administrasi pengelolaan keuangan daerah, agar sesuai dengan berbagai ketentuan yang ada, serta sesuai dengan semangat untuk membangun suatu system pengelolaan keuangan daerah yang akuntabel, efektif dan efisien serta transparan.

Ia berharap, secara bertahap kita terus membenahi system pengelolaan keuangan daerah, yang bisa menghasilkan banyak manfaat.

Manfaat tersebut Kata Arif, bukan hanya sebatas kita dapat mengelola keuangan daerah sesuai ketentuan yang berlaku, tetapi insya Allah kita dapat melaksanakan amanah tugas mengelola pemerintahan di Kota Bogor dengan sebaik-baiknya “Ungkap Arif.

Sementara Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Kota Bogor Hj. Fetty Qondarsyah mengharapkan kepada para peserta dapat meningkatkan kemampuan peserta dalam melaksanakan tugas dan fungsi untuk menyusun dan menyajikan laporan pertanggungjawaban pelaksanaan APBD.

Diantaranya mampu menyusun dan menyajikan laporan keuangan pemerintah dengan baik dan benar sesuai dengan standar akuntansi pemerintahan yang telah ditetapkan yang meliputi laporan realisasi anggaran, neraca laporan arus kas dan catatan atas laporan keuangan, memahami dasar-dasar akuntansi keuangan daerah dan kebijakan akuntansi serta memahami system dan prosedur penatausahaan keuangan.

Fetty menambahkan hasil ujian angkatan I diikuti 30 orang peserta dari tanggal 6 – 9 April 2010 dengan 25 soal ujian jawaban dengan jumlah kesalahan sampai dengan 5 sebanyak 13 orang peserta, jawaban dengan jumlah kesalahan 6 sampai dengan 10 sebanyak 15 orang peserta dan jawaban dengan jumlah kesalahan diatas 10 ebanyak 2 orang peserta.

Sedangkan angkatan II diikuti 30 orang peserta dari tanggal 12 – 15 April 2010, jawaban dengan jumlah kesalahan sampai dengan 5 sebanyak 8 orang peserta, jawaban dengan jumlah kesalahan 6 sampai dengan 10 sebanyak 19 orang peserta dan jawaban dengan jumlah kesalahan diatas 10 sebanyak 2 orang peserta.( NHK)

[+/-] Selengkapnya...

Olimpiade Olahraga Siswa Nasional 2010 Se-Bekasi Utara Berjalan Lancar

BEKASI - Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) 2010 seBekasi Utara berjalan lancar sesuai dengan jadwal yang ditentukan panitia. Perlombaan ini dibuka oleh Kepala UPTD Pembinaan SD, Hj Titin Supriatin, SPd di halaman gedung PGRI Bekasi Utara, senin (12/4) pekan lalu. Event ini melibatkan seluruh guru olahraga yang ada di SDN dan SDS seBekasi Utara dan sebagian pengawas sekolah.

Dalam sambutannya, Titin Suprihatin mengatakan bahwa O2SN dapat menumbuhkan dan mengembangkan olahraga dan juga mencari bibit-bibit baru di masa yang akan datang serta sang juara akan menjadi duta olahraga untuk mengikuti lomba tingkat kota, terang Titin.

Ditempat yang sama, Ketua Pelaksana, Edi Rustandi, SPd mengatakan even in dilakukan setahun sekali dengan tujuan untuk mengevaluasi perkembangan olahraga di Bekasi Utara khususnya murid sekolah dan juga mengembangkan minat dan bakat murid, terang Edi. Masih menurut Edi, event ini meliputi, cabang olahraga Catur, BolaVolly Mini, Tenis Meja, Tenis lapangan, Bulu Tangkis, Karate, Sepak Bola Mini dan Atletik, tambah Edi.

Perlombaan O2SN yang diikuti seluruh SDN dan SDS seBekasi Utara berlangsung selama empat hari dan menelan dana sebesar Rp 10 juta. Dewan jurinya adalah guru-guru olahraga yang ada seBekasi Utara dan sang juara akan diikutkan lomba tingkat kota, tutur Edi.

Dari pantauan koran ini, lomba demi lomba menadapat perhatian dari masyarakat sekitar. Besarnya antusias masyarakat tersebut merupakan poin tersendiri bagi panitia dimana event mereka (O2SN-Red) sedang berlangsung.

Selama empat hari berturut-turut, dari keputusan juri memutuskan sang juara sebagai berikut :

-Catur Putri : Juara I SDN Harapan Jaya IX, Juara II SDN Teluk Pucung VIII, Juara III SDN Perwira VIII,

- Catur Putra : Juara I SDN Teluk Pucung VI, Juara II SDN Perwira VIII, Juara III SDN Harapan Baru II

- Bola Volly Mini Putra : Juara I SDN Harapan Jaya XV, Juara II SDN Kaliabang Tngah VIII, Juara III SDN Harapan Baru II

- Bola Volly Mini Putri : Juara I SDN Kaliabang Tngah VIII, juara II SDN Kaliabang Tengah III, juara III SDN Harapan Baru III

- Tenis Meja Putra : Juara I SDIT-Al-Muchtar, JuaraII SDN Kaliabang Tengah V, Juara III SDN Harapan Jaya I

- Tenis Meja Putri : Juara I SDN Harapan Baru II, Juara II SDN Marga Mulya IV, Juara III SDN Teluk Pucung VI

- bulu Tangkis Putra : Jauara I SDN Kaliabang Tengah III, Juara II SDN Kaliabang Tengah V, Juara III SDN Marga Mulya VII

- Bulu Tangkis Putri : Juara I SDN Kaliabang Tengah III, Juara II SDS Al-Manar, Juara III SDN Harapan Baru II

- Karate Putra : Juara I SDN Teluk Pucung III, Juara II SDN Kaliabang Tengah VII, Juara III SDN Harapan Jaya I

- Karate Putri : Juara I SDN Harapan Baru II, Juara II SDN Perwira IV, Juara III SDN Teluk Pucung VI

- sepak Bola Mini : Juara I SDN Kaliabang Tengah III, Juara II SDN Kaliabang Tengah VII, Juara III SDN Teluk Pucung II

- Renang Putra : Juara I SDN Kaliabang Tengah III, Juara II SDN Kaliabang Tengah III, Juara III SDN Harapan jaya VI

- Renang Putri : Juara I SDS Gema Nurani, Juara II SDN Kaliabang Tengah III, Juara III SDN Kaliabang Tengah III

- Tenis Lapangan : Juara I SDN Harapan Jaya VI, Juara II SDS Al-Manar

- Atletik Putra : Juara I SDN Kaliabang Tngah VIII, Juara II SDN Marga Mulya I, Juara III SDN Harapan jaya XVII

- atletik Putri : Juara I SDN Harapan Jaya VI, Juara II SDN Harapan Jaya XVII, Juara III SDN Marga Mulya III. (m.banjarnahor/boy)

[+/-] Selengkapnya...

08 April 2010

SDN Harapan Baru III Duta Pendidikan Bekasi Utara

BEKASI - Lomba membaca, menulis dan menghitung (calistung) dan siswa berprestasi seBekasi Utara tahun 2010 yang baru berlangsung di halaman kompleks SDN Perwira, Jl Moch Tabrani, pekan lalu menjadikan SDN Harapan Baru III sebagai Juara I untuk kelas III dan Siswa Berprestasi. Hal ini merupakan SDN Harba III salah satu duta pendidikan seBekasi Utara untuk mengikuti perlombaan Calistung dan siswa berprestasi di tingkat Kota.

“ Kami merasa senang atas prestasi yang diraih saat even kemarin sehingga sekolah kami menjadi salah satu duta pendidikan seBekasi Utara untuk tingkat Kota”, kata Sugito, SPd selaku Kepala Sekolah kepada Koran ini diruang kerjanya, pekan lalu.

Lebih lanjut Sugito menerangkan bahwa keberhasilan yang mereka raih merupakan salah satu mewujudkan Bekasi Cerdas sehingga proses kegiatan belajar dan mengajar terlaksana sesuai visi dan misi sekolah yang ditentukan, terang Sugito.

Meraih keberhasilan tentu banyak kegiatan-kegiatan yang dilakukan sesuai even tersebut. Bisa saja melalui ekstrakurikuler misalnya. Hal inilah salah satu yang dilakukan SDN Harba III untuk meraih prestasi disamping menganalisa dan mengevaluasi hasil ekstrakurikuler tersebut, tambah Sugito.

“ Walaupun kami sebagai salah satu duta pendidikan, kami memiliki PR untuk mempertahankannya di tingkat Kota. Kami akan berusaha semaksimal mungkin”. Harap Sugito. (M.Banjarnahor)

[+/-] Selengkapnya...

Lomba Calistung Dan Siswa Berprestasi 2010 Sekecamatan Bekasi Utara Resmi Dibuka Kadisdik Kota Bekasi


Kepala Dinas Pendidikan Kota Bekasi, H.Kodrato saat pembukaan Lomba Calistung dan Siswa Berprestasi seBekasi Utara tahun 2010 yang bertempat dihalaman kompleks SDN Perwira.


BEKASI - Lomba membaca, menulis dan menghitung (calistung) dan siswa berprestasi seBekasi Utara tahun 2010 resmi dibuka Kepala Dinas Pendidikan Kota Bekasi, H.Kodrato di halaman kompleks SDN Perwira, jl Moch Tabrani, Rabu (23/3). Acara yang berlangsung sederhana ini, diikuti oleh SDN dan SDS seBekasi Utara sejumlah 70 sekolah, yang turut dihadiri oleh Kepala UPTD Pembinaan SD Bekasi Utara, Ketua PGRI Bekasi Utara, Para Pengawas Sekolah, dan Para Kepala Sekolah serta orangtua murid.

Dalam kesempatan ini, Kadisdik Kota Bekasi, H.Kodrato mengatakan lomba calistung dan siswa berprestasi ini agar dapat menciptakan siswa-siswi yang berkualitas dilingkungan Bekasi Utara khususnya dan dapat menjadikan koreksi bagi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Disamping itu juga dapat mewujudkan salah datu visi Kota Bekasi yaitu Bekasi Cerdas, terang Kodrato.

Di kesempatan yang sama, Kepala UPTD Pemb. SD Bekasi Utara, Hj.Titin Suprihatin mengatakan berterima kasih kepada semua pihak atas terlaksananya lomba calistung dan siswa berprestasi seBekasi Utara tahun 2010. ia juga menambahkan, kepada dewan juri agar objektif dalam penilaian dimana nantinya para juara akan menjadi duta pendidikan Bekasi Utara untuk tingkat Kota, kata Titin.

Usai acara kata sambutan, Kadisdik membuka lomba calistung dan siswa berprestasi dengan pelepasan balon ke udara yang diikuti tepuk tangan yang meriah.

Secara terpisah, ketua panitia, Ahmad Jaelani, SPd menerangkan kepada Patroli Bangsa, lomba calistung dan siswa berprestasi seBekasi Utara secara umum untuk mewujudkan Bekasi Cerdas dan merupakan tolak ukur pendidikan agar menjadi koreksi bagi semua tenaga pengajar, terang Jaelani. Ia juga menambahkan bahwa perlombaan ini diikuti 70 sekolah negeri dan swasta yang diikuti 280 peserta, papar Jaelani.

Perlombaan calistung dan siswa berprestasi dimana untuk kelas 1 dalam kategori membaca, kelas 2 un tuk kategori menulis dan kelas 3 untuk kategori menghitung serta siswa berprestasi untuk kelas 4 dan 5, dan pelaksanaannya ujian peserta di SDN Perwira II, imbuh Jaelani.

Lomba Calistung dan Siswa Berprestasi tahun 2010 seBekasi Utara berlangsung sehari. Dari keputusan dewan juri bahwa untuk membawa kelas satu, sebagai Juara I dari SDN Kaliabang Tengah III dengan total sekor 367,5, Juara II dari SDIT Al-Manar dengan total 337, Juara III diraih SDN Perwira IV dengan total skor 333,5 ,Juara harapan I diraih SDN Perwira III dengan total skor 317,5 dan Juara Harapan II jatuh pada SDN Kaliabang Tengah V dengan total skor 298,1 serta Juara harapan III jatuh pada SDN Harapan Jaya VII dengan total skor 284,6.

Untuk kategori Kelas II, sebagai Juara I dari SDN Kaliabang Tengah VII dengan total skor 409, Juara II dari SDIT Al-Manar dengan total 408, Juara III diraih SDN Perwira IV dengan total skor 385 ,Juara Harapan Idiraih SDN Teluk Pucung VII skor 366 dan Juara Harapan II jatuh pada SDN Harapan Jaya IIdengan total skor 359.5 serta Juara harapan III jatuh pada SDIT Al-Husna dengan total skor 354, dan untuk Kategori Kelas III, Keluar sebagai Juara I dari SDN Harapan Baru III dengan total skor 328,41, Juara II dari SDN Kaliabang Tengah III dengan total skor 321,94,Juara III diraih SDN Marga Mulya VI total skor 319,81dan Juara Harapan I jatuh pada SDIT Al-Husna dengan total skor 319, dan Juara harapan II jatuh pada SDIT Al-Manar dengan total skor 311,37 serta Juara Harapan III jatuh pada SDN Kaliabang Tengah V dengan skor 298,89.

Masih dalam keputusan dewan juri, untuk kategori siswa berprestasi, sebagai Juara I diraih SDN Harapan Baru III dengan skor 215,6 , Juara II diraih SDN kaliabang Tengah III dengan total skor 213,9 , Juara III diraih pada SDIT Al-Manar dengan skor 213,6 , sebagai Juara Harapan I, jatuh pada SDN Harapan Jaya XV dengan skor 212,3 , Juara Harapan II jatuh pada SDN Perwira IV dengan skor 210,7 dan sebagai Juara Harapan III jatuh pada SDN Kaliabang Tengah VII dengan skor 210,6. (banjarnahor)

[+/-] Selengkapnya...

Staff Redaksi


Hendrik S (Polda Metro Jaya) Valentinus MS (Jaksel) Gorby, Robin S (Jaktim) Ramdani BE, Agus Subarkah (Jakpus) (Jakut) Biro Bekasi :Sepmi R (Kabiro) , Joni Sitanggang, Binton Juntak, Mustofa, Ringan Simbolon, Haerudin, Herman Sitanggang, Mulayadi TH, Togar S, Banjarnahor, Syafi'i M, Biro Kab.Bogor :Irawan (Kabiro), Ucup Supriyadi, Rizal Aska, Depok : Radot S, (Kabiro), Karawang : Ade Junaidi (Kabiro), Rihas Purnama YM, Edi Askam, Mustamir, Otong, Wawan, Junaedi, Sopyan Junior, Mumuh MuhamadMursid. Perwkln Jabar: Idris C.Pasaribu (Ka Prwkl), Ungkap M, Deni Ridwan, Parasman. Biro Cimahi : Martunas S. Prwkln Lampung : Irmiadi (Ka.Prwkln) Suwardi, Suripto, nano Wijaya, Sutiyo, Suseno, Sujono, Herry, Adhie, Elik Yulianto, Israludin, Rimanda K Saputra. Kab Tanggamus : MBadri Ma'ruf. Prwkln Jambi : Sabarudin Nasution SE (Ka.Prwkl), Biro Tanjabbar : Abdul Munir, M.Syarif Hidayat. Biro Kab/Kota Siantar : Buhardo Siahaan. Biro Sulselbar : fadly Syarif (Ka.Biro)