1. 2.

15 Juni 2010

Bupati Resmikan Dua sekolah Baru di Karawang

Karawang - Sebagai salah satu upaya meningkatkan daya tampung sekolah SMP, Bupati Karawang, Drs. H. Dadang S Muchtar bersama Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, Moh. Wahyudin Zarkasy serta perwakilan dari Kementerian Pendidikan Nasional, Dr. Kamin meresmikan dua unit sekolah baru (USB), yaitu SMP Negeri 4 Kotabaru dan SMP Negeri 2 Pedes, Rabu (9/6).

Dalam peresmian yang digelar di SMPN 4 Kotabaru tersebut, Bupati Dadang S. Muchtar juga meresmikan penggunan ruang kelas baru (RKB) di tiga sekolah lainnya, yaitu SMP Negeri 1 Purwasari, SMP Negeri 2 Majalaya, dan SMP Negeri 2 Telukjambe Timur. Dengan diresmikannya SMP tersebut, maka sejak tahun 2006 hingga saat ini, Pemerintah Kabupaten Karawang telah membangun 12 unit sekolah baru.

Bupati Dadang S. Muchtar dalam kesempatan tersebut mengatakan, pendidikan menjadi salah satu prioritas pembangunan di Kabupaten Karawang, selain kesehatan dan ekonomi kerakyatan yang ditunjang oleh daya tampung yang memadai. Kebijakan ini juga mutlak harus menjadi prioritas secara nasional dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia.

Lebih lanjut Bupati mengatakan, Jumlah lulusan SD di kabupaten/kota yang berpenduduk 2 juta jiwa tidak kurang dari 32 ribu lulusan, sedangkan daya tampung yang ada paling banyak hanya bisa menampung sekitar 25 ribu saja. Dengan demikian setidaknya masih terdapat 11 ribu lulusan yang SD yang belum tertampung di SMP. Hal ini pun berlaku untuk tingkat SLTA, dan setiap tahun jumlah lulusan tersebut terus bertambah. ”Oleh karena itu, infrastruktur pendidikan sangat penting dalam pencapaian Wajar Dikdas 9 Tahun,” imbuhnya.

Di Kabupaten Karawang, lanjut Bupati, permasalahan daya tampung tersebut diselesaikan secara integral dan komprehensif. Hal ini dilakukan dengan menggunakan tujuh langkah, yaitu membangun ruang kelas baru, membangun unit sekolah baru, double shift, mengadakan kelas jauh, SMP Terbuka, dan SMP Satu Atap, serta mengadakan kegiatan paket B dan C.

Bupati menambahkan, Kabupaten Karawang dapat menyusun langkah-langkah tersebut karena pihak Pemerintah Kabupaten Karawang dan Dinas Pendidikan memiliki data-data yang valid dan aktual. Untuk itu, Bupati berharap Kementerian Pendidikan Nasional dapat memiliki data-data yang akurat sehingga dapat menyusun kebijakan yang tepat dan disetujui oleh DPR.

Kepala Dinas Provinsi Jawa Barat, Moh. Wahyudin Zarkasyi mengatakan, pada tahun 2025 mendatang sekolah-sekolah kita akan setaraf dengan negara-negara maju. Saat ini telah ada sekolah standar, yang kemudian akan menjadi rintisan sekolah berstandar nasional (RSSN). Setelah menjadi sekolah standar nasional (SSN) maka berkembang lagi menjadi Rintisan sekolah berstandar internasional (RSBI) dan sekolah berstandar internasional (SBI).

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Karawang, Eka Sanatha menjelaskan, mulai dari tahun 2006 hingga saat ini, di Kabupaten Karawang telah dibangun 12 unit sekolah, termasuk 2 diantaranya adalah yang akan diresmikan saat ini. ”Dan untuk tahun ini, sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) akan dibangun 4 USB lagi,” imbuhnya.( A. Jun / Wawan )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Staff Redaksi


Hendrik S (Polda Metro Jaya) Valentinus MS (Jaksel) Gorby, Robin S (Jaktim) Ramdani BE, Agus Subarkah (Jakpus) (Jakut) Biro Bekasi :Sepmi R (Kabiro) , Joni Sitanggang, Binton Juntak, Mustofa, Ringan Simbolon, Haerudin, Herman Sitanggang, Mulayadi TH, Togar S, Banjarnahor, Syafi'i M, Biro Kab.Bogor :Irawan (Kabiro), Ucup Supriyadi, Rizal Aska, Depok : Radot S, (Kabiro), Karawang : Ade Junaidi (Kabiro), Rihas Purnama YM, Edi Askam, Mustamir, Otong, Wawan, Junaedi, Sopyan Junior, Mumuh MuhamadMursid. Perwkln Jabar: Idris C.Pasaribu (Ka Prwkl), Ungkap M, Deni Ridwan, Parasman. Biro Cimahi : Martunas S. Prwkln Lampung : Irmiadi (Ka.Prwkln) Suwardi, Suripto, nano Wijaya, Sutiyo, Suseno, Sujono, Herry, Adhie, Elik Yulianto, Israludin, Rimanda K Saputra. Kab Tanggamus : MBadri Ma'ruf. Prwkln Jambi : Sabarudin Nasution SE (Ka.Prwkl), Biro Tanjabbar : Abdul Munir, M.Syarif Hidayat. Biro Kab/Kota Siantar : Buhardo Siahaan. Biro Sulselbar : fadly Syarif (Ka.Biro)