1. 2.

16 Agustus 2011

SMK Negeri 6 Bandung, Sekolah Kejuruan Yang Menyimpan Segudang Prestasi


BANDUNG - Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 6 Kota bandung atau yang lebih akrab dikenal dengan sebutan SMKN 6 telah sukses menyelenggrakan berbagai event termasuk diantaranya study tour ke Negeri Turki dalam rangka MoU Sister School yang bertujuan meningkatkan kualitas guru dan siswa sesuai dengan 12  janji kinerja SMK SBI guna penyediaan tenaga-tenaga professional, baik tingkat nasional maupun internasional yang dapat bersaing dengan tenaga kerja dari luar negeri.

Sekolah yang telah masuk dalam kategori Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional dan beralamat di Jl. Soekarno-Hatta Riung Bandung Kota Bandung dengan status Akreditasi A (Amat Baik) dimana telah pula berhasil mendapatkan sertifikat SMM ISO 9001-2000 (DIN EN ISO 9001-2008 pada tanggal tanggal 30 September 2009, Cert. No. 01 100 086059 Dari TUV Rheinland – Pen) meliputi bidang-bidang seperti Teknik Bangunan (TB), Teknik Ketenagalisrtikan, Teknik Elektronika dan Teknik  Mesin (TM) diharapkan dapat menjadi sekolah yang cukup diperhitungkan di Jawa Barat dan Kota bandung khususnya.

”Sebagai Sekolah Bertaraf Internasional, SMKN 6 Kota Bandung diharapkan dapat menjadi pusat layanan Industri dan Penyediaan calon tenaga kerja yang profesional di tingkat nasional maupun internasional.” terang Drs. Husen, M.Si, Kepala sekolah SMK Negeri 6 Kota Bandung.

Masih menurut Husen, bahwa dalam misinya,  SMK Negeri 6 Kota Bandung berupaya untuk mewujudkan ke – 8 item program yang mencakup : mengimplementasikan Sistem Manajemen Mutu (SMM) ISO 9001:2008 dalam pengelolaan sekolah, Menyelenggarakan kegiatan penyusunan Kurikulum, Pembelajaran, Prakerin dan Uji Kompetensi Produktif dengan melibatkan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DU/DI) bertaraf nasional maupun internasional, Menyelenggarakan pelatihan Berbahasa inggris bagi tenaga pendidik, tenaga kependidikan serta para siswa untuk memperoleh nilai TOEIC sesuai dengan kriteria SBI, sebagai penunjang pelaksanaan pembelajaran berbahasa Inggris, Meningkatkan ICT sebagai penunjang pelaksanaan pembelajaran model e-learning, Meningkatkan kompetensi siswa melalui pembelajaran model Production Base Training (PBT), Menyelenggarakan kegiatan outsourching dengan mendatangkan guru tamu, prakerin serta pemasaran lulusan pada Dunia Usaha dan Dunia Industri (DU/DI) bertaraf nasional maupun internasional secara berkesinambungan, Meningkatkan, melengkapi dan memelihara sarana dan prasarana sesuai dengan kriteria Sekolah Bertaraf Internasional untuk memperlancar kegiatan diklat dan kegiatan pelatihan keterampilan masyarakat (PPKT) dan tempat uji kompetensi (TUK), Meningkatkan kompetensi tenaga pendidik dan tenaga kependidikan melalui kegiatan pendidikan lanjutan, pelatuhan, OJT, MGMP dan magang guru secara berkelanjutan.

”Kami akan tetap berupaya untuk memberikan sumbangsih terbaik kami terhadap kemajuan bangsa melalui pengembangan SMKN 6 ini dengan semaksimal mungkin.” ujar Husein menutup pembicaraan dengan PB.

Menurut hasil konfirmasi yang berhasil dilakukan PB ke beberapa siswa dan orang tua murid, terlihat tingginya tingkat kepuasan masyarakat akan bentuk KBM (Kegiatan Belajar Mengajar – Pen) di sekolah kejuruan tersebut, serta diharapkan untuk ke depan, SMK yang tergolong mapan ini akan mampu tampi dalam persaingan yang lebih kompetitif lagi dalam memberikan kontribusi pendidikan yang mumpuni di Kota Bandung. (Idris)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Staff Redaksi


Hendrik S (Polda Metro Jaya) Valentinus MS (Jaksel) Gorby, Robin S (Jaktim) Ramdani BE, Agus Subarkah (Jakpus) (Jakut) Biro Bekasi :Sepmi R (Kabiro) , Joni Sitanggang, Binton Juntak, Mustofa, Ringan Simbolon, Haerudin, Herman Sitanggang, Mulayadi TH, Togar S, Banjarnahor, Syafi'i M, Biro Kab.Bogor :Irawan (Kabiro), Ucup Supriyadi, Rizal Aska, Depok : Radot S, (Kabiro), Karawang : Ade Junaidi (Kabiro), Rihas Purnama YM, Edi Askam, Mustamir, Otong, Wawan, Junaedi, Sopyan Junior, Mumuh MuhamadMursid. Perwkln Jabar: Idris C.Pasaribu (Ka Prwkl), Ungkap M, Deni Ridwan, Parasman. Biro Cimahi : Martunas S. Prwkln Lampung : Irmiadi (Ka.Prwkln) Suwardi, Suripto, nano Wijaya, Sutiyo, Suseno, Sujono, Herry, Adhie, Elik Yulianto, Israludin, Rimanda K Saputra. Kab Tanggamus : MBadri Ma'ruf. Prwkln Jambi : Sabarudin Nasution SE (Ka.Prwkl), Biro Tanjabbar : Abdul Munir, M.Syarif Hidayat. Biro Kab/Kota Siantar : Buhardo Siahaan. Biro Sulselbar : fadly Syarif (Ka.Biro)